cara kerja sistem POS

Cara Kerja Sistem Point of SalesSistem Point of Sales atau yang biasa disingkat menjadi sistem POS adalah sebuah sistem yang memiliki cara kerja tersendiri dengan kegunaannya sebagai alat yang akan mempermudah Anda dalam melakukan proses transaksi dengan pelanggan. Sistem POS memiliki beberapa aspek yang berhubungan dengan cara kerjanya, berikut 3 aspek yang berhubungan dengan cara kerja sistem point of sales.

Cara kerja sistem POS

1. Transaksi

Dengan kecanggihan yang dimiliki oleh sistem POS, sistem ini mendukung lebih banyak sistem pembayaran dengan menggunakan kartu debit, maupun kartu kredit. Sistem POS juga langsung dapat terintegrasi dengan bank yang digunakan oleh bisnis Anda saat secara otomatis. Selain itu, sistem POS juga terhubung dengan financial tracking system di seluruh dunia, sehingga Anda dapat mengetahui catatan keuangan perusahaan Anda.

Disamping sistem POS unggul dengan sistem pembayarannya, sistem POS juga mendukung berbagai fitur transaksi lainnya, seperti perhitungan pajak penjualan, perhitungan diskon produk, penggunaan kode voucher, dan masih banyak fitur lainnya. Sehingga, proses transaksi Anda Bersama pelanggan menjadi lebih mudah, cepat, akurat, dan aman.

2. Berbasis internet

Ada banyak sistem POS yang berbasis internet, dan salah satunya ialah MAI Accounting. Sehingga bagia Anda yang memiliki bisnis di berbagai lokasi dapat lebih mudah mengontrol laporan penjualan dengan lebih mudah. Selama Anda masih terhubung dengan koneksi internet, Anda bisa mengecek laporan penjualan dari tiap cabang dimana saja dan kapan saja tanpa perlu lagi mendatangi cabang-cabang Anda satu persatu.

Selain itu, sistem POS juga bisa dikembangkan lagi agar bisa terhubung dengan sistem akuntansi. Sehingga Anda bisa memeriksa setiap laporan yang Anda butuhkan secara langsung. Dan dengan adanya basis internet, Anda juga bisa menikmati fitur-fitur lainnya, seperti back-up data, melacak inventaris, mengunduh katalog dari supplier, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa Anda nikmati jika menggunakan sistem POS.

3. Membutuhkan perangkat keras

Sistem POS sendiri merupakan sebuah perangkat lunak. Sebuah perangkat lunak tentunya akan membutuhkan perangkat keras untuk menjalankannya. Selain perangkat keras untuk membantu berjalannya sistem ini, sistem POS juga bisa dihubungkan dengan perangkat lain untuk mendukung transaksi, seperti printer untuk mencetak struk, penyimpanan uang, alat pembaca kartu kredit dan debit, hingga barcode scanner. Perangkat-perangkat tersebut tentu harus diintegrasikan dengan sistem POS agar transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Setelah melihat cara kerja dari sistem ini, apakah Anda tertarik untuk menggunakan sistem POS? Kini Keysoft hadir dengan produk terbaru kami MAIPOS, kami menawarkan sistem POS atau aplikasi kasir dengan harga 150 ribu rupiah saja. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa klik disini.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *